Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright Text

RSS

Rabu, 24 Oktober 2012

tanda-tanda bencana alam

contoh contoh hewan yang instingnya peka terhadap bencana alam, anatara lain sebagai berikut.

a.gajah
gajah cenderung berlarian ke sana ke mari dan berloncat loncat sejak sekitar seminggu sebelum gunung meletus atau beberapa saat menjelang pasang naik dan tsunami. gajah memiliki insting yang dapat merasakan getaran dan letupan di dalam perut gunung di dekat habitatnya, sehingga berprilaku aneh dan cenderung berlari menjauhi arah gunung yang akan meletus. contohnya adalah prilaku gajah di kota lampung menjelang meletusnya gunung krakatau tanggal 27 agustus 1883. gajah yang tinggal di pinggir pantai akan segera berlari menuju arah bukit (menjahui pantai), beberapa saat menjelang adanya tsunami di thailand.

b.anjing dan kucing

penelitian oleh seorang ahli geologi dari california (USA). menyatakan bahwa jika insting anjing merasakan akan segera terjadi bencana alam. contoh : kasus kehilangan hewan peliharaan anjing dan kucing di california meningkat tajam menjelang gempa di Loma Prieta, northern California, USA. hewan hewan ini berprilaku tidak seperti biasanya sebelum terjadinya gempa.

c. lumba lumba 

pada beberapa saat menjelang terjadinya tsunami, lumba lumba akan berteriak berteriak khas suaranya sambil berloncat loncat meminta perhatian. apabila kelompok lumba lumba ini di ikuti (dengan berenang ataupun diving), lumba lumba akan berenang menjauhi pantai ke arah laut lepas. contoh : lumba lumba di suatu pulau di thailand menjelang tsunami tahun 2006

d. tikus 

tikus mengalami kepanikan seperti orang bingung pada beberapa saat menjelang gempa, sehingga mudah di tangkap.

e. babi

babi menjadi lebih agresif dan saling mengigit satu dengan yang lainnya sebelum terjadinya gempa. (tributsch 1982)

f. burung 

burung memiliki kepekaan terhadap variasi medan magnet bumi. pada beberapa saat menjelang gempa bumi, medan magnet bumi mengalami perubahan sehingga mengganggu kemampuan navigasi burung. ion ion pada burung keluar sehingga dapat mengganggu perambatan gelombang elektrik (neurotransmiter) dalam otak burung. akibatnya, burung sering ditemukan terbang dengan keseimbangan yang terganggu, khususnya pada burung burung yang sedang migrasi.
ayam menghasilkan telur sedikit atau tidak bertelur sama sekali jika akan terjadi gempa. apabila manusia memperhatikan hal ini, burung ini terganggu kemampuan navigasi dan bertelurnya karena adanya getaran. manusia dapat bersiap siap menyelamatkan diri jika terjadi gempa

g. ular 

ular yang sedang istirahat dan tidur panjang (hibernasi) pada beberapa saat menjelang gempa akan keluar dari lubang persembunyian

h. ikan lele

lele lebih peka terhadap getaran (termasuk gempa) dan pergerakan tanah meskipun dipelihara di gedung tinggi. pada saat ada getaran sampai menjelang gempa besar, ikan lele akan berenang aktif sambil mengibaskan air sampai air gemercik (bercipratan)

i. capung 

capung suka hidup di daerah yang dekat air dalam jumlah banyak . daerah yang sedikit air capuny yang terbang juga sedikit jumlahnya. jumlah capung yang tiba tiba banyak menjadi pertanda akan segera banyak air di daerah itu, berupa banjir dari sungai meluap ataupun air laut pasang

j. lebah

       lebah akan meninggalkan sarang dengan panik beberapa menit sebelum terjadinya gempa. lebah kembali lagi ke sarangnya sekitar 15 menit setelah gempa berhenti (miller, 1996)
       tanda tanda atau petunjuk dari hewan ini hanya dapat ditangkap oleh manusia yang memiliki rasa peduli dan cinta pada semua bagian bagian alam ini. apabila diperhatikan, perubahan perilaku hewan hewan tersebut dapat membuat manusia selamat dari bencana.
       pengembangan dari "animals warning system" berupa pembuatan alat sensor yang dapat menangkap gelombang elektromagnetik frekuensi rendah seperti pada gempa bumi yang dibuat oleh marsha adams (dari san fransisco). di provinsi xingtai, cina (1968) didirikan stasiun percobaan secara biologis untuk memprediksi terjadinya gempa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar