Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright Text

RSS

Sabtu, 06 Oktober 2012

coloring with SAI paint tool


Bermain dengan SAI PAINT TOOL~!

Karena saya males capek nulis ulang di gambarnya--- apalagi ngerjain tugas pkn. Hgggh (°°)╯ ┻━┻) yo wes di sini saya bakal jabarin se-detailnya. Ini pertama kali gue bikin tutorial dan mohon maap lahir batin jadinya abal begini. Feel free to ask me. Let’s staaaaaaart~!
1.     Bikin lineart.
Biasanya saya gambar sketsa abal dulu di kertas, di scan, trus tinggal di jiplak dah. Bisa pake vector layer. Tapi kalo ga, bisa buat yang rapih dengan cara ngatur smoothing (pojok kanan atas). Makin ke bawah (S-7) makin kaku. Makin keatas ya kebalikannya. Bergoyaaaang~ ~~~ヾ(^∇^)
Btw, kalo mau bagian eyelashes alias bulu mata jadi warna-warni, mending layernya dipisah aja.
Terus kalo mau bikin kubus yang biru itu. Pertama, bikin layer baru diatasnya. Klik marquee, yang segi 4 putus-putus itu, warnain pake bucket. Bikin layer baru diatasnya, lakukan sama kayak tadi, pencet marquee lagi, pilih free, terus size atau transform. Atur bentuknya biar jadi kubus.
2.     Persiapan mewarnai
Udah selese ngeji*plak*  kan? Layer sketsa diapus aja, atau ngga set opacity ke 0%. Lihaaaaaaat. Gambarnya jadi bersih kan udah di sapu~~~ nah bikin layer di paling bawah terus klik layer (di atas) pilih fill layer. Isi warna sesukamu. Kalo mau warnain kulit, layer tadi diiisi sama warna gelap biar ntar bisa keliatan sebelah mana warna kulit yang kurang atau keluar garis. Oh iya buat bikin objek kubus, bikin layer dibawah line, pencet yg gambar kotak putus-putus, fill bucket. Terus bikin satu lagi diatasnya. Pake free kalo mau buat perspektif ( ゚▽゚)/
3.     Mewarnai kulit
Buat folder, namain, buat layer baru, namain lagi, warnai pake pen. Yang ini gak perlu rapi dulu. Wong letaknya dibawah, bakal ditimpa warna lain (baju, dll).
Abis itu saya biasanya pake 2 cara untuk shading:
·        Masih di layer yang warna dasar tadi, pencet opacity lock. (sampingnya layer clip). Warnai sesuka hati di layer itu juga~ ga akan keluar garis. Kan udah di kunci(≧∇≦) Atau…
·        Buat layer baru diatasnya, layer clip, warnai sesuka hati. Ga bakal keluar dari daerah yang base color tadi. Nah buat warnain shading bisa pake brush atau airbrush, trus water atau blur.
Kalau anda punya cara lain, share yaa~ (cara saya ini biasanya buat soft shading)

4.     Mewarnai rambut
Bikin layer baru di folder tadi, namain hair, warnain pake pen rapiin pake eraser (tools itu min sizenya di set 0%).
Bikin layer baru diatasnya, layer clip. Nah ini buat bikin shadingnya. Kalo saya biasanya warnain 2x. pertama pake airbrush yang ukurannya gede (misalnya  size 15), abis itu masih di layer yang sama pake airbrush yg lebih kecil (misalnya  size 6). Untuk tekanan pas warnain, itu paling diteken pas bagian paling ujung rambut. Jadi makin ke kepala, warna shadingnya makin ilang. Intinya, kayak mengarsir.
Kalo mau bikin efek sparkling kirakira hikaru dechu nee, bikin layer baru diatasnya, blend mode jadi addition. Kasih airbrush yang warnanya berkilau. Trus bagian paling atas sama paling bawahnya di blur. Masih pengen bersinar lagi? Bisa pake pen atau size yang lebih kecil dari yang tadi, ditimpa aja.

5.     Mewarnai mata
Bisa pake layer rambut yang tadi atau bikin layer baru. Warnain base color, trus buat shading di layer atasnya (udah di layer clip). Warna shading biasanya pake item atau yang mendekati. Pertama warnain bulet dulu di tengah, abis itu pinggir-pinggirnya yang bagian atas, sisain bagian bawah dikasi water aja, sisanya buat efek bersinar~ sebelumnya.
Nah, selanjutnya kita menuju layer addition. *cringcring* kayak suara recehan jatoh. Bikin garis melengkung di bagian bawah yang belom kena shading tadi. Untuk warnanya—pokoknya yang cerah. Kalo saya mah ditambahin titik lagi di tempat tadi yang letaknya bersebrangan sama efek buletan putih itu.
Oh iya lupa, buat bikin buletan putih itu, bikin layer diatas line, trus pake airbrush atau pen warna putih. Trus kalo eyelashes mau jadi warna-warni, layer line eyelashes di lock, abis itu warnain sesuka hati. Rainbow eyelashes juga boleh. *ngaco
Nah, sekarang balik lagi ke layer kulit. Kasih warna putih di kanan-kiri mata. Yang paling atas kasi warna abu-abu. Biar efeknya lebih idup.

6.     Mewarnai baju, sepatu, dll.
Bikin folder baru, buat layer, terus… ya intinya sama kayak yang tadi. Oh iya kalo mau bajunya garis-garis atau motif lain, caranya donlot pattern (brush juga ada) baru. Lupa saya linknya. /slapped. Tapi anda bisa cari di deviantart atau gugel. Ada tutorialnya juga kok gimana cara setting brush sama pattern baru. Waktu dulu saya donlot dari deviant ini--àdarlingmionette.deviantart.com
Nah, kalo mau pake pattern, mending pisah deh layernya. Soalnya ntar kalo misalnya digabung sama layer skin, ntar kulitnya jadi bermotif. Hahaha.

Jeng jeng~ udah jadi kan gambarnya~ sekarang waktunya tips & trik maenin SAI:
1.     Buat lineart, sering-sering ganti smoothing.
2.     Pakai layer secukupnya. karena layer tidak bersubsdi *loh. Soalnya kalo kebanyakan bisa makan memori dan jadi ribet warnainnya. Ya kalo mau warnain objek yang tidak saling bersinggungan atau tegak lurus atau sejajar *lukiraMTK  mending jadiin dalam 1 layer. Warnain base, lock, warnain shade. Di unlock lagi, warnain objek lain, dst. Tapi kalo pelit layer juga ntar jadi ribet, efek warna atau ngapusnya bisa kena objek tetangga.
3.     Layer yang paling bawah selalu di fill biar keliatan bagian mana yang belom diwarnain
4.     Mainin layer blend mode but efek gelap atau bersinar kirakira dechu nee
5.     Kalo lupa tadi warnain di layer mana, set opacity 0% di layer mana aja. Ntar ketauan deh.
6.     MARI BEREKSPERIMEEEEEEEEEEEEEEEEN~! SAMPE KOMPUTER NGE CRASH GARA GARA BIKIN ARTWORK RESOLUSI GEDE DAN MEMORI ABIS GARA-GARA GAME DAN ANIME *curcol.  Awalnya mungkin memang susah, tapi lama-lama gampang kok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar