Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright Text

RSS

Sabtu, 15 September 2012

Fakta unik tentang jamur

Fakta unik tentang jamur




# Fakta unik tentang jamur 1 ~
Seperti yang sudah aku katakan sebelumnya, dulu jamur diletakkan pada kingdom Plantae atau tanaman karena memiliki persamaan morfologi(fisik). Namun belakangan diketahui bahwa jamur memiliki banyak perbedaan dengan tanaman seperti pembentukkannya dll, sehingga dibuatkan kingdom tersendiri yaitu kingdom Fungi atau jamur.

# Fakta unik tentang jamur 2 ~
Jamur tidak memiliki klorofil sehingga tidak bisa berfotosintesis untuk membuat makanan. Kebanyakan jamur hidup sebagai parasit atau saprofit dengan memakan makhluk yang telah mati menggunakan akarnya sebagai alat hisap. Dan ini juga salah satu hal yang membedakan jamur dengan tanaman.
Jamur.
# Fakta unik tentang jamur 3 ~
Ada lebih 60 jenis jamur yang bisa memperlihatkan fenomena bioluminescience, yaitu fenomena pemancaran cahaya oleh tubuh jamur tersebut.

# Fakta unik tentang  jamur 4 ~
Ada dua jenis jamur secara umum yaitu jamur mikroskopis dan jamur makroskopis.
>>Jamur mikroskopis merupakan jamur yang sangat kecil dan biasanya berbentuk seperti benang-benang atau biasa disebut hifa dengan diameter 2-10 mikrometer. Struktur jahitan dari hifa ini disebut miselium.
>>Jamur makroskopis adalah jamur yang relatif besar dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Contoh : Jamur yang biasa kalian makan.

# Fakta unik tentang jamur 5 ~
Jamur merupakan organisme terbesar di dunia. Salah satu diantaranya Armillaria ostoyae di Oregon yang memiliki luas hingga 8,9 km2 di bawah tanah dengan umur lebih dari 24 abad. Diperkirakan beratnya 600 ton.






Sumber : click here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar